Jumat, 13 Februari 2015

Anjritektur: Persil 1

Setelah lulus esema, hal yang menjadi pemikiran gue selanjutnya sama seperti anak-anak kebanyakan, melanjutkan ke jenjang kuliah. Gue heran juga, kenapa gue punya pemikiran yang bisa sama persis dengan anak-anak yang lain, padahal sumpah gue nggak pernah nyontek pemikiran mereka. Sumpah! Sepertinya, pemikiran dan keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi merupakan naluri alamiah seorang pelajar. Sebagaimana ikan-ikan yang memiliki naluri alami untuk berenang, juga seperti seekor ayam yang memiliki naluri alami untuk menyeberang jalan serta seperti seorang maling motor yang memiliki naluri alami untuk mencuri motor bukan mobil. Karena jika maling motor tersebut mencuri mobil, dia dipastikan memiliki kelainan gen yang menyebabkan terjadinya mutasi dalam pemikirannya. *apasih*

Kita tahu bahwa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, perkuliahan, kita diharuskan mendaftar dan memilih jurusan yang diinginkan. Ini berbeda dengan sekolah gue selama ini, nggak tau kalau sekolahan kalian. Saat gue mau masuk esema, gue hanya tinggal daftar di sekolah yang gue inginkan tanpa perlu mau ambil jurusan ini  atau jurusan itu. Karena memang di tahun pertama belum ada penjurusan. Di tahun kedua pun dalam mendapatkan jurusan, kami tidak memilih, tapi dipilihkan. Kehidupan gue di sekolah memang nggak bebas, apa-apa ditentukan guru. Milih jurusan, guru yang menentukan. Peraturan kelas, guru yang menentukan. Soal ulangan, guru yang menentukan. Bahkan jawaban yang benar dari soal ulangan tersebut tetap guru yang menentukan. Padahal di sekolah diajarkan tentang kebebasan individu, tapi nyatanya mereka yang menentukan semuanya.

Dalam memilih jurusan, gue berkonsultasi dengan berbagai pihak. Mulai dari bokap nyokap gue, temen-temen gue, saudara-saudara gue, guru sekolahan gue, guru ngaji gue sampai sopir bus yang jadi langganan gue kalo keluar kota. Hasilnya, mereka mengusulkan jurusan yang mereka anggap bagus dan cocok buat gue. Nyokap gue nyaranin keguruan, bokap gue nyaranin kepolisian, temen gue nyaranin bidang eksak non-keguruan, guru sekolah gue nyaranin guru bidang fisika (yang guru fisika), nyaranin guru Bahasa Indonesia (yang guru Bahasa Indonesia), nyaranin guru Matematika (yang guru Matematika), guru ngaji gue nyaranin guru agama, dan sopir bus nyaranin jurusan Tayan-Pontianak.

Kalau kalian sependapat dengan pemikiran gue, *berarti kalian nyontek pikiran gue* mereka semua nyaranin jurusan bukan yang sesuai dengan gue, tapi sesuai dengan keinginan mereka. Sesuai bidang yang mereka sukai, bukan yang kira-kira cocok buat gue. Dari hasil konsultasi tersebut, gue nggak dapat apa-apa, karena yang mereka sebutkan ada semua di daftar jurusan yang harus dipilih. Sama saja dengan gue nanya diri sendiri, ‘gue mau ambil jurusan apa ya?’, terus gue tinggal lihat daftar jurusannya. Tidak membantu.

Dalam kebingungan bagaimana jika gue salah jurusan? Bagaimana kalau ternyata SPP-nya mahal? Bagaimana kalau jurusan tersebut tidak laku? dan bagaimana bisa Stella keluar dari JKT48? Gue teringat dengan nenek gue. Gue belum mengonsultasikannya dengan nenek. Gue tahu nenek gue nggak pernah merasakan menjalani perkuliahan karena dia sekolahnya saja cuma sekolah rakyat. Tapi gue selalu percaya dengan senandung Wali Band, bahwa nenek itu pahlawan. Walau gue nggak pernah membaca di buku sejarah ada seorang nenek yang gagah bergayung melawan penjajah sekalipun, tapi gue percaya.

Ketika gue menceritakan kegelisahan gue dalam memilih jurusan perkuliahan, nenek gue senyum kayak senyuman orang-orang sakti di film Kaca Benggala yang sudah mengetahui lawannya akan berbuat apa. Nenek menceritakan suaminya, kakek gue, pernah berkata sebelum kematiannya bahwa suatu saat nanti kakak gue akan memegang tasbih dan gue memegang pulpen. Gue langsung berpikir, kakak gue bakal jadi pemain film laga yang melawan Mak Lampir dengan tasbihnya dan gue menjadi  penghulu. Iya, penghulu, karena di kampung gue dulu, zamannya kakek, yang punya pulpen cuma penghulu. Kasian banget emang kampung gue dulu.

“Kakakmu akan memegang tasbih, dan kamu akan memegang pulpen”, kata nenek gue dengan senyuman khasnya tanpa gigi yang indah, namun percayalah elu bakal merasa adem ngeliat senyuman seorang nenek.

“Maksudnya gimana nek? Kamek jadi penghulu?”, tanya gue dengan penasaran. Gue kasih tau, di daerah gue, ‘kamek’ itu artinya ‘aku’ atau ‘saya’ dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Bukan..heheheh...”, kata nenek sambil tertawa, “Kakakmu nanti akan jadi ustad atau ulama, kamu jadi orang yang hidup bekerja dengan pulpen.”, lanjutnya.

Di pikiran gue tetap terpampang jelas gue memakai kopiah dan berpindah dari satu walimahan ke walimahan yang lain. Gue bakal jadi penghulu, kayaknya. Setelah perbincangan gue dengan nenek, gue kembali ke tempat gue mengisi formulir pendaftaran. Gue lihat berkali-kali, nggak ada apa-apa. Gue lihat sekali lagi, tetap nggak terjadi apa-apa. Padahal gue sudah ngarepin, formulir tadi berubah jadi foto gebetan, biar gue adem ngelihatnya.

Fisika, Biologi, Matematika, Sipil, Arsitektur, Kedokteran, Perawat, Farmasi, Hukum, Kehutanan dan banyak lagi jurusan yang berbaris di buku petunjuk yang disertakan dengan formulir pendaftaran. Gue sambil berpikir, dari jurusan tadi, yang mana ya yang paling erat hubungannya dengan pulpen. Gue percaya yang dibilang nenek, karena saat itu kaka gue sudah jadiustad di pesantren. Fisika eratnya dengan alat ukur. Biologi, tanam-tanaman dan binatang. Matematika, kalkulator. Sipil, bom—gue dulu mikirnya begitu karena kalo ada bom pasti yang jadi korban adalah warga sipil, gue emang nggak tahu. Arsitek, alat-alat gambar. Dokter, alat suntik. Perawat, PNS—kebanyakan perawat jadian ama orang yang berprofesi Pegawai Negeri Sipil, itu hasil survey gue. Farmasi, obat-obatan. Hukum, palu. Kehutanan, monyet. “Kayaknya Arsitek deh yang paling dekat.” 


Setelah berpikir berulang-ulang, gue mulai memutuskan. Setelah memantapkan diri, tanpa berpikir panjang lagi kenapa Morgan hengkang dari Smash, gue menetapkan, gue bakalan ambil jurusan arsitektur. Gue tuliskan kode jurusan arsitektur di formulir dan dengan semangat yang dipenuhi harapan, gue memegang kencang pulpen di tangan kanan dan formulir di tangan kiri, lalu berucap, “Arsitektur, tunjukkan gue ke jalan yang lurus”.

Previous Post
First

Saya hanya penulis blog tentang apa-apa yang membuat heran. Sebarkan tulisan ini jika dirasa perlu, atau jika mau bekerja sama, bisa menghubungi saya melalui surel: how.hawadis@gmail.com

10 komentar:

Berkomentarlah yang sopan, nyambung dan pengertian. Kan lumayan bisa diajak jadian.